Rabu, 14 Januari 2015

Selangkah Lagi UNU Kalbar Berdiri

Jumat, 2 Januari 2015, 11:24 – http//kalbar.kemenag.go.id


 
 
Impian bagi warga nahdiyin untuk memiliki Perguruan Tinggi (PT) sebentar lagi terwujud. Tinggal selangkah lagi Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar akan berdiri. Saat ini tinggal menunggu laporan Tim Visitasi Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti).

“Setelah Tim Visitasi Dikti memberikan laporan, kita tinggal menunggu keluarnya izin operasional. Jadi, kedatangan Tim Visitasi Dikti merupakan langkah terakhir. Kita berharap, laporannya segera masuk ke Kemenristek Dikti di Jakarta,” kata Ketua Tanfiziah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar, Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM saat menyampaikan sambutan di hadapan Tim Visitasi Dikti di Kampus UNU Kalbar, Rabu (31/12/2014). 

Dijelaskan M. Zeet yang juga Sekda Kalbar ini, upaya pendirian UNU Kalbar bukanlah instant. Kurang lebih empat tahun tim pendirian berjuang. Sekarang, tinggal selangkah lagi perjuangan itu akan menuai hasil.

“Bila izin operasional dikeluarkan oleh Dikti, saat itulah UNU Kalbar sah berdiri. Insya Allah, tahun 2015 UNU Kalbar sudah bisa menerima mahasiswa baru,” papar M. Zeet yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalbar ini.

“Saya minta, di awal tahun 2015, tim pendirian memonitor Dikti untuk segera mengeluarkan izin operasional UNU. Semua persyaratan telah kita penuhi. Tinggal menunggu selembar izin tersebut,” ujar M. Zeet di hadapan Tim Visitasi serta seluruh undangan yang juga adalah calon tenaga dosen UNU.

Sementara itu, Ketua Tim Pendirian UNU Kalbar, Dr. H. Agung Hartoyo, M.Pd menjelaskan di hadapan Tim Visitasi Dikti, universitas yang didirikan memiliki empat fakultas dan 10 program studi (Prodi). Fakultas Pertanian dengan Prodi Agribisnis, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Budidaya Hasil Perikanan dan Agro Teknologi.

“Kemudian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, dan Bahasa Inggris. Lalu, Fakultas Ekonomi dengan Prodi Akuntansi,” papar Agung yang juga dosen FKIP Untan.

Terakhir Fakultas Teknik dengan Prodi Sistem Informatika dan Ilmu Lingkungan. Empat fakultas yang didirikan merupakan syarat minimal. Apabila nanti UNU Kalbar mengalami kemajuan pesat, bukan tidak mungkin fakultas maupun Prodi akan ditambah.

“Untuk gedung perkuliahan, untuk sementara di Jalan KH. Achmad Dahlan Gang Jeruk, atau di samping MIN Teladan Pontianak. Saat ini ruang perkuliahan memiliki enam kelas. Kuliahnya nanti dari pagi sampai malam,” beber Agung yang juga Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalbar ini.

Sementara untuk tenaga dosen, jauh sebelumnya sudah dipersiapkan dengan baik. Mereka yang akan menjadi dosen ada yang bergelar Doktor dan Magister. “Kita yakin, dosen yang akan memberikan kuliah adalah dosen yang memiliki kualifikasi ilmu yang bisa diandalkan,” tambah Agung. (Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar