Minggu, 18 Januari 2015

Indahnya Kebersamaan Di Saat Syukuran

Selasa, 13 Januari 2015, 10:09 –http://kalbar.kemenag.go.id


 
 
Usai sudah seluruh rangkaian acara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-69 di Kota Pontianak. Rangkaian acara ditutup dengan syukuran dan ramah tamah pada Kamis, 8 Januari 2015 di Aula Lantai 2 Kantor Kementerian Agama, Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak.

Sekitar 300 undangan dan 50 siswa/i madrasah ikut memeriahkan acara syukuran dengan mempersembahkan berbagai hiburan. Mulai dari persembahan Hadrah dan Shalawat dari Siswa MAS Al-Adabiy, tari Jepin oleh Siswi Filial MAN 2 (dulu, MAS Syahid), Nasyid dari MAN 2 sampai persembahan musik angklung dari siswa/i MTs Negeri 1 Pontianak. Seluruh hadirin ikut larut dalam suasana suka cita.

Usai acara syukuran, banyak yang memberikan ucapan selamat kepada ketua panitia dan menilai bahwa syukuran kali ini benar-benar sukses. Seluruh panitia ikut bersyukur atas suksesnya rangkaian acara peringatan HAB Kemenag yang telah dilakukan. Penilaian tersebut kiranya tidak berlebihan. Karena penulis sendiri ikut merasakan bahwa acara syukuran dan ramah tamah yang berlangsung kemarin sungguh luar biasa.

Tamu dan undangan serta pegawai yang hadir tidak bisa dibendung. Acara syukuran HAB nyaris seperti pesta pernikahan. Selain meriah dengan hiburan, pas giliran makan siang seluruh undangan terlihat antre sangat panjang. Sementara untuk para pejabat/petinggi Kemenag menikmati hidangan saprahan. Walau dengan menu sederhana (opor ayam kampung, sayur keladi, ikan asin, sambal terasi dan lalapan) tapi semua ikut menikmati.

Satu hal yang menjadi catatan bagi penulis, sukses/keberhasilan itu tidak akan datang dengan sendirinya tanpa diusahakan. Dan setiap usaha Insya Allah akan membuahkan hasil. Tergantung seberapa keras orang itu mengupayakannya.

Demikian halnya dengan suksesnya rangkaian acara peringatan ulang tahun Kemenag ke-69 di Kota Pontianak. Suksesnya acara tersebut tidak lepas dari usaha dan kerja keras dari semua panitia yang saling bahu membahu untuk bersama-sama menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Adanya kerja sama yang baik semua pihak menjadikan rangkaian acara peringatan itu terasa lebih bermakna. Saling membantu dan saling men-support satu dengan yang lain membuat kebersamaan keluarga besar Kemenag Kota Pontianak semakin terasa lebih akrab.

Sebagai bendahara panitia, penulis merasakan senang, bahagia sekaligus terharu berbaur menjadi satu. Pasalnya seluruh rangkaian acara sudah berakhir. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan sukses. Tanpa meninggalkan beban apa lagi hutang. Hehehe…

Jujur, penulis merasakan rasa kebersamaan yang begitu indah saat acara syukuran berlangsung. Semua Bagian/Seksi dan Penyelenggara ikut ambil bagian tanpa dikomando. Mereka bekerja dengan penuh kesadaran bersama-sama ikut mensukseskan acara puncak peringatan HAB Kemenag yang dihelat panitia.

Sebelumnya, terkadang sekali waktu di Bagian/Seksi tertentu mengadakan acara sendiri tanpa melibatkan bagian yang lain. Hal tersebut bisa dimaklumi. Mungkin persediaan makanan terbatas (Kikikik) atau mungkin tidak mau membuat seksi yang lain jadi terganggu aktivitas dan pelayanannya.

Tapi, pada syukuran kemarin, seluruh Bagian/Seksi dan penyelenggara berbaur menjadi satu dalam bingkai kebersamaan. Mulai dari petugas parkir, penyambut tamu, seksi acara, juru foto, operator sound system, menghidangkan makanan, petugas penyerahan hadiah pertandingan dan lomba, dan lain-lainnya, semuanya terlihat kompak. Subhanallah, indahnya kebersamaan itu.

“Good job for all. Thank you very much.. untuk semua teman-teman atas kerja samanya. Semoga semangat kebersamaan tersebut akan tetap terus terpelihara di Kantor Kemenag yang kita cintai ini,”.

Tidak ada perasaan saling curiga apa lagi membenci. Karena kita semua satu keluarga. Keluarga besar yang saling melengkapi.Keluarga besar yang saling menguatkan di saat rapuh. Saling mensupport di saat terpuruk. Saling membantu di saat diperlukan.

Akhirnya, Selamat HAB Kemenag ke-69. Semoga HAB Kemenag menjadikan kita aparatur kemenag yang selalu termotivasi untuk menjadi yang terbaik dan terdepan dalam memberikan pelayanan di setiap kesempatan. Semoga!!!.*(Sumiati/Pelaksana Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak).

1 komentar: