Kamis, 13 Agustus 2015

Halal bi Halal DW Kemenag Pontianak

Kamis, 13 Agustus 2015, 18:34 – http://kalbar.kemenag.go.id
Halal bi Halal DW Kemenag Pontianak

 
 
Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak menggelar Halal Bhalal 1436 Hijriyah. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kemenag, Rabu (12/8/2015). Menghadirkan penceramah Ustadz Amelyadi, S.Ag, M.Si.

Terkait halal bihalal, Ustadz Amelyadi mengatakan bahwa terkadang kebiasaan manusia itu sering lupa untuk meminta maaf dengan tetangga di dekat rumah. Sementara yang jauh dikunjungi terlebih dahulu. 

“Kebiasaan kita itu kalau pas lebaran yang dimintai maaf dan dikunjungi yang jauh-jauh terlebih dahulu. Sementara mengunjungi tetangga biasanya pas di hari-hari terakhir saat kue lebaran sudah hampir habis. Pada hal, yang mungkin kita banyak kesalahan itu dengan tetangga di dekat rumah kita,” katanya disambut gelak tawa ibu-ibu anggota DW Kemenag. 

Ustadz yang juga Alumnus Jurusan Dakwah STAIN (sekarang, IAIN) Pontianak ini mengingatkan agar sebagai manusia itu tidak menunda-nunda untuk memohon maaf kepada sesama manusia, serta hendaknya manusia bersegera memohon ampunan kepada Allah.

Ia juga mengingatkan bahwa tujuan akhir manusia melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan adalah untuk mencapai derajat taqwa. Di antara Ciri orang bertaqwa sebagaimana QS. Ali Imran 133-134 ada empat. 

“Pertama, bersegera meminta ampun kepada Allah. Kedua, orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah baik di waktu lapang maupun sempit. Ketiga, orang yang menahan amarahnya. Keempat, orang yang memberi maaf kepada orang lain,” jelasnya. 

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Nazaruddin, S.Pd.I. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua DWP Kemenag, Hj. Ratna Iriani Ja’far, SH. Kemudian sambutan dan pengarahan dari Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Ja’far. A, M.Si.

Dalam sambutan dan pengarahannya, H. Ja’far berharap agar ibu-ibu anggota DW Kemenag menjadi contoh yang baik di masyarakat. Baik sebagai istri yang mampu membangun keharmonisan dalam rumah tangga, sebagai ibu yang berhasil mendidik anak-anak dengan baik, maupun sebagai pegawai wanita yang patut diteladani.

Pejabat nomor satu di lingkungan Kemenag Kota Pontianak ini juga berpesan agar dalam berumah tangga hendaknya istri dan suami harus saling mendo’akan. Agar doanya mudah diijabah Allah SWT. Penasihat DW Kemenag Pontianak ini juga mendoakan agar seluruh yang hadir rumah tangganya menjadi rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah.

Usai pembacaan do’a yang dipimpin langsung ustadz Amelyadi, seluruh yang hadir diminta untuk saling bersalam-salaman. Kemudian dilanjutkan dengan penarikan arisan dan door prize.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar