Kamis, 13 Agustus 2015

Kepala KUA Diminta Selektif Mengeluarkan Rekomendasi

Senin, 10 Agustus 2015, 15:31 – http://kalbar.kemenag.go.id
Kepala KUA Diminta Selektif Mengeluarkan Rekomendasi

 
 
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Drs. H. Ja’far. A, M.Si meminta kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan untuk lebih selektif dalam memberikan surat Izin Rekomendasi pendirian rumah ibadah baru di wilayah kerjanya masing-masing.

H. Ja’far juga mengatakan bahwa tugas Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) itu tidak main-main. Setiap mengeluarkan surat izin rekomendasi rumah ibadah hendaknya harus mengecek dan meneliti terlebih dahulu, apakah rumah ibadah yang akan dibangun ada persoalan atau tidak.

“Jangan sampai pendirian rumah ibadah seperti masjid, justeru menimbulkan persoalan baru di masyarakat. Saya tidak ingin ada masyarakat yang datang melapor ke kantor karena ada masalah dengan pendirian rumah ibadah,” tegas pejabat nomor satu di Kemenag Kota Pontianak ini saat memberikan pembinaan pada Apel Senin (10/8/2015).

Alumnus Program Magister Ilmu Sosial Untan Pontianak ini juga berharap agar kepala KUA dan Kasi Bimas Islam benar-benar memperhatikan persoalan terkait pendirian rumah ibadah tersebut. Agar tidak ada persoalan dikemudian harinya. “Demikian juga untuk pendirian rumah ibadah agama lain seperti gereja dan lainnya,” timpalnya.

Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama Kalbar ini juga berharap, agar pendirian rumah ibadah seperti masjid, bukan karena adanya perbedaan paham, akan tetapi karena rumah ibadah yang ada jamaahnya sudah penuh. Sehingga perlu membangun rumah ibadah yang baru. 

Terkait persoalan memakmurkan masjid, ia menegaskan bukan hanya tugas Kementerian agama. Melainkan tugas kita bersama. Tugas para tokoh agama, ulama, penyuluh, pengurus masjid dan ummat Islam semuanya.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar