Kamis, 23 Oktober 2014

PENGAWAS DIMINTA PANTAU KINERJA GURU AGAMA

Senin, 20 Oktober 2014, 15:00 – www.kalbar.kemenag.go.id


Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Drs. H. Ja’far. A, M.Si meminta pengawas Kemenag untuk terus memantau dan mengawasi kinerja guru Agama di lapangan. Terutama guru negeri yang bertugas di sekolah dan madrasah swasta. 

Lebih lanjut Ja’far mengatakan bahwa keberadaan guru agama di sekolah atau madrasah hendaknya menjadi perhatian serius para pengawas. Terutama tingkat kehadirannya di sekolah/madrasah. Karena absen yang disampaikan ke kantor tidak bisa menjadi jaminan kalau guru yang bersangkutan hadir tepat waktu dan melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Saya minta kepada seluruh pengawas baik yang bertugas di sekolah maupun di madrasah agar bisa terus memantau keberadaan guru agama di lapangan. Karena absen yang mereka sampaikan tidak bisa dijadikan tolok ukur bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan tugas dengan baik,” tegas pejabat nomor satu di Kemenag Kota Pontianak ini.

Alumnus Program Magister Ilmu Sosial Untan Pontianak ini juga meminta kepada Kasi Pendidikan Madrasah dan Kasi PAI serta Ketua Pokjawas agar di waktu yang akan datang ada pembinaan kepada guru-guru yang ditugaskan di sekolah/madrasah swasta khususnya.

“Jangan sampai kita di kantor mati-matian menerapkan disiplin. Sementara mereka di sekolah seenaknya saja. Tidak disiplin dan semaunya. Mereka hanya diminta pemberkasan, setelah itu terima uang sertifikasi, dan selesai. Begitu seterusnya. Tanpa ada kemajuan yang signifikan,” papar mantan Kepala Kemenag Kota Singkawang ini dengan penuh semangat. 

Hal tersebut disampaikannya dalam pembinaan yang dilakukan di Aula Kemenag, Senin (20/10/2014). Turut hadir dalam acara tersebut kepala seksi dan penyelenggara Kemenag Kota Pontianak, Kepala Kantor Urusan Agama Se Kota Pontianak, Pengawas, Penghulu dan Penyuluh fungsional serta pegawai di lingkungan Kemenag Kota Pontianak.

Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Kemenag, Pengawas PAI tingkat SMP/SMA/SMK, Dra.Nurul Wahidah, M.Si tidak membantah hal tersebut. Ibu berkacamata ini membenarkan masih ada Guru PAI yang memang belum disiplin. Tapi masih ada pula yang tingkat disiplinnya sudah baik.

“Sebagai pengawas terkadang kami pun serba salah. Karena Kepala sekolah mereka saja terkadang tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sehingga kami pun masih bertoleransi sambil terus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada yang bersangkutan. Dengan harapan, pelan tapi pasti akan ada perubahan kearah yang lebih baik,” ujar Nurul sapaan akrabnya.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar