Selasa, 14 Oktober 2014

TPG PAI NON PNS KOTA PONTIANAK BELUM DIBAYAR

Senin, 13 Oktober 2014, 15:38 – www.kalbar.kemenag.go.id


Tertundanya pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) PAI Non PNS Kota Pontianak yang lulus tahun 2008 – 2012 membuat Guru yang bersangkutan bertanya-tanya. Mengapa sampai hampir akhir tahun 2014 tunjangan sertifikasi/TPG belum juga dicairkan. Sedangkan Guru PAI Non PNS yang lulus sertifikasi 2013 sudah dibayar. 

“Biasanya tunjangan sertifikasi kami dibayar setiap enam bulan sekali. Selama ini tidak pernah macet. Tapi sejak awal tahun 2014 sampai sekarang belum dibayar,” kata Siti Sarifah, S.Ag, Guru PAI Non PNS SMP Islam Haruniyah Pontianak saat bertamu di Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak, Senin (13/10/2014).

Menurut Siti Sarifah bahwa dirinya beserta tiga temannya (Ach. Muhpahir, Prihartini, S.Ag dan Darmadi, S.Ag)sudah bertemu dengan Kabid PAKIS Kanwil Kemenag Kalbar, H. Wildan, S.HI, Jumat (26/9/2014). Mereka berempat mewakili Guru PAI Non PNS Kota Pontianak mempertanyakan persoalan tersebut.

“Menurut beliau (Wildan, red) anggarannya ada di Bidang Madrasah. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan struktur/pemisahan bidang madrasah dan bidang PAI. Sementara anggaran untuk TPG PAI Tahun 2014 masih di bidang madrasah. Sehingga Bidang PAKIS tidak bisa membayarnya,” tutur Sarifah.

Intinya, lanjut Sarifah bahwa Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Kalbar berjanji akan membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Bahkan menurut Kabid PAKIS, ada kemungkinan ke depan pembayaran TPG PAI Non PNS akan dilimpahkan ke Kemenag kabupaten/kota yang bersangkutan.

“Kemudian saya katakan kepada pak Kabid, kami tidak mempermasalahkan dibayar oleh siapa. Yang penting TPG Kami lancar,” cerita Guru PAI yang TPG-nya belum dibayar sejak Januari 2014 ini sambil tertawa. 

Bahkan menurut Sarifah, dirinya tanpa sengaja menanyakan persoalan tertundanya TPG PAI Non PNS ini kepada Bapak Drs. Harpian, yang menangani bagian pencairan tunjangan sertifikasi Guru PAI Kemenag pusat via telepon. Saat itu awalnya dia bertanya tentang Inpassing Guru PAI. Akhirnya tanpa sengaja bertanya juga tentang TPG PAI

“Menurut Pak Harpian, dari pusat semua TPG PAI Non PNS sudah dibayarkan untuk seluruh Indonesia. Termasuk TPG PAI Non PNS yang tertunda pembayarannya dari tahun 2011 sampai 2013.
Untuk 2014, silahkan tanyakan ke daerahnya masing-masing,” cerita Sarifah. 

Tidak banyak yang mereka pinta, selain berharap agar TPG mereka bisa segera dibayarkan. Karena ada di antara Guru PAI Non PNS tersebut tidak lagi mendapat honor dari pihak sekolah, melainkan semata-mata berharap kepada tunjangan sertifikasi yang seharusnya dibayarkan setiap enam bulan sekali.

Sementara Kepala Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si ketika dikonfirmasi persoalan tersebut menjelaskan bahwa untuk pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru PAI Non PNS bukan kewenangan Kemenag Kota Pontianak. Karena DIPA nya ada di Kanwil. Sehingga pihaknya tidak bisa berbuat banyak. 

“Sampai hari ini kami tidak bisa berbuat banyak. Paling kami hanya bisa mempertanyakan hal tersebut kepada Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Kalbar. Bahkan menurut informasi dari Kabupaten Kota yang lain pun kasusnya sama seperti Kota Pontianak,” ujar Hanafi.

Dari Kota Pontianak ada sebanyak 21 Guru PAI Non PNS yang Tunjangan sertifikasinya belum dibayar sejak Januari 2014. Bahkan ada tiga GPAI Non PNS yang belum dibayar sejak tahun 2013. Disebabkan pada waktu itu NRG-nya belum terbit. Tapi sekarang NRG mereka sudah terbit.

“Kami berharap tunjangan sertifikasi Guru PAI Non PNS Kota Pontianak yang belum cair sampai hari ini bisa segera terselesaikan. Kepada Guru PAI Non PNS yang TPG-nya belum cair, kami berharap untuk tetap bersabar,” harap Hanafi.

Kasi PAI pada Pendidikan Menengah Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Kalbar,Samsul Bahri, S.IP, ketika bertamu di Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa anggaran untuk TPG PAI Non PNS tahun 2014 ada di Bidang Madrasah. Sehingga pihaknya tidak bisa mencairkannya. 

“Untuk tahun 2015,Insya Allah tidak menjadi masalah lagi. Karena semuanya sudah kami anggarkan di DIPA Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Kalbar,” kata Samsul ramah.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar