Sabtu, 30 Agustus 2014

PESERTA PLPG PAI LAKUKAN PEER TEACHING

Senin, 25 Agustus 2014 – www.kalbar.kemenag.go.id


Setelah Enam hari mendapatkan materi dari para Dosen/Tutor, tiba saatnya seluruh peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) PAI Kalbar melakukan peer teaching (praktek mengajar). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari (24-25 Agustus 2014) di IAIN Jalan Soeprapto Pontianak.

Kalau sebelumnya peserta dibagi menjadi sembilan Rombongan Belajar (Rombel), untuk pelaksanaan peer teaching dibagi menjadi 18 Rombel. Setiap rombel hanya terdiri 15-16 peserta. Kegiatan dimulai Minggu pagi (24/08/2014) pukul 08.00 -17.40 WIB. Kemudian dilanjutkan kembali pada Senin pagi (25/08/2014) pukul 08.00-17.40 WIB

Seluruh peserta idealnya bisa melakukan peer teaching dengan baik. Karena semua materi yang dibutuhkan sudah disampaikan para dosen kepada seluruh peserta PLPG PAI. Paling tidak ada tujuh materi yang sudah disampaikan para tutor selama enam hari dengan jumlah 62 Jam Pelajaran (JPL).

Tujuh materi tersebut meliputi: Kebijakan Pengembangan Profesi Guru / KPPG (4 JPL); Konsep Kurikulum 2013 (4 JPL); Pendalaman Materi PAI dan Pembelajarannya (15 JP); Pendekatan Scientifik dan Strategi Implementasinya dalam Pembelajaran PAI (10 JPL); Penilaian Autentik dalam Pembelajaran PAI (10 JPL); Penelitian Tindakan Kelas / PTK (8 JPL); dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran PAI dan Langkah-langkah Penyusunannya (15 JPL).

Untuk kelancaran pelaksanaan peer teaching, panitia telah mengeluarkan acuan teknis pelaksanaan yang ditetapkan panitia. Berdasarkan acuan teknis tersebut paling tidak ada sepuluh point penting yang perlu diketahui peserta maupun dosen penilai. 

Pertama, setiap peserta menyerahkan dua RPP yang berbeda.Kedua, RPP yang dibuat peserta secara substantif mengacu pada format RPP yang dikeluarkan oleh panitia. Ketiga, setiap peserta tampil dua kali dengan RPP yang berbeda. Keempat, waktu untuk satu Kali tampil dalam peer teaching 30-35 menit. Kelima, Dosen memberikan komentar lisan dan tulisan terkait dengan pelaksanaan peer teaching.

Keenam, Dosen/Instruktur menilai RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan form penilaian individual dan memasukkan nilai peer teaching Tahap I dan Tahap II dalam rekap nilai. Ketujuh, Nilai dan Absen peserta diserahkan ke panitia setelah selesai pelaksanaan peer teaching. Kedelapan, setiap peserta diminta menyerahkan RPP yang sudah dikoreksi Dosen/Instruktur dan sudah diperbaiki peserta untuk diserahkan ke panitia berdasarkan Rombel peer teaching setelah selesai peer teaching.

Kesembilan, Dosen membagi peserta sebagai pengatur waktu (1 orang) secara bergantian, pengamat dan peserta peer teaching. Kesepuluh, peserta yang ditugaskan sebagai pengamat memberikan komentar terhadap pelaksanaan peer teaching yang dilakukan oleh peserta yang sedang tampil. Hasil komentar pengamat tersebut diserahkan kepada peserta.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa PLPG PAI diikuti sebanyak 286 Guru PAI se Kalbar. Dengan rincian, 93 laki-laki dan 193 perempuan. Sementara dari Kota Pontianak hanya diikuti sembilan orang. Kegiatan dimulai sejak 18-26 Agustus 2014. PLPG dibuka langsung Rektor IAIN Pontianak, Dr. Hamka Siregar, MA, di Gedung Olah Raga (GOR) IAIN Pontianak.*(Sumi/Ptk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar