Minggu, 10 Agustus 2014

TIM MONEV IMPLEMENTASI K.13 PAI KUNJUNGI SMA KOTA PONTIANAK

Minggu, 20 Juli 2014 – www.kalbar.kemenag.go.id


Dua SMA Kota Pontianak mendapat kunjungan resmi tim Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. Kehadiran tim tersebut dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke sekolah sasaran pelaksana Kurikulum 2013 (K.13) PAI SMA. Dua SMA yang dikunjungi adalah SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 7 Pontianak. 

Monev bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan Implementasi Kurikulum 2013 PAI pada SMA tahun pelajaran 2014/2015. Kota Pontianak merupakan salah satu dari 14 kabupaten/kota seluruh Indonesia yang dijadikan sampel sebagai pelaksana Kurikulum 2013 PAI SMA.

Adapun 13 kabupaten/kota lain yang juga ditunjuk sebagai sampel untuk dikunjungi tim Subdit PAI SMA adalah Kota Palembang, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Banyumas, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kabupaten Ponorogo, Kota Batu, Kota Serang dan Kota Banjar Masin.

Tim monev terdiri atas dua orang. Yakni Apriadi (dari Subdit PAI SMA) dan Sudarjat, S.Pd.I (Instruktur Nasional Kurikulum 2013 PAI SMA). Keduanya tiba di Bandara Supadio Pontianak Rabu, 16 Juli 2014. Kedatangan tim tersebut dijemput langsung Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si dan H. Erwin, S.Kom.

Selanjutnya tim langsung dibawa menuju SMA Negeri 2, Jalan RE. Martadinata Pontianak Barat guna melakukan monev. Keesokan harinya (17/07/2014) tim Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI ini mengunjungi SMA Negeri 7 yang beralamat di Jalan Sulawesi Dalam Pontianak Selatan. 

Di dua SMA tersebut tim melihat lebih dekat proses Pembelajaran Saintifik Implementasi Kurikulum 2013 PAI yang dilaksanakan. Selanjutnya melakukan interview/wawancara langsung kepada guru PAI yang bersangkutan seputar permasalahan yang dialami dalam pembelajaran PAI di sekolah yang bersangkutan. 

Turut hadir mendampingi tim Subdit PAI SMA, pengawas PAI Kemenag Kota Pontianak, Dra. Nurul Wahidah, M.Si dan M. Yusuf, S.Pd.I. Menurut Kepala Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si yang ikut mendampingi tim bahwa yang paling lama itu sebenarnya interview yang dilakukan kepada guru PAI.

“Proses belajar mengajarnya hanya sebentar saja. Yang lama itu interview kepada Guru PAI-nya sampai hampir tiga jam. Pertanyaannya seputar kendala apa saja yang dihadapi Guru PAI,” cerita Hanafi di ruang kerjaya, Jumat (18/07/2014). 

Sesuai jadwal, tim berada di Pontianak 16 – 18 Juli 2014. Kebetulan waktu tersisa satu hari. Untuk memanfaatkan waktu, Kasi. PAI Kota Pontianak menawarkan tim untuk melakukan Sosialisasi K.13 kepada Guru PAI. Keduanya menyetujui untuk melakukan sosialisasi pada Jumat, 18 Juli 2014, di Aula Kemenag Kota Pontianak.*(Sumi/Ptk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar