Sabtu, 20 Juni 2015

Media Konsultasi Syariah Hadir Melayani Umat

Kamis, 11 Juni 2015, 15:10 – http://kalbar.kemenag.go.id
Media Konsultasi Syariah Hadir Melayani Umat

Setiap manusia terkadang tidak bisa lepas dari masa lalunya. Terutama masa lalu yang kelam karena kekhilapan yang pernah dilakukan. Sehingga membuat mereka merasa tidak tenang, karena dibayangi dosa masa lalu tersebut.

Banyak diantara mereka sebenarnya ingin keluar dari persoalan tersebut. Tapi terkadang mereka bingung dan malu, bahkan takut kalau rahasia masa lalunya diketahui orang lain. Sehingga persoalan tersebut akan terus membayangi hidupnya.

“Bagi mereka yang memiliki cerita hidup seperti itu, tidak perlu cemas lagi. Karena kini sudah ada Media Konsultasi Syariah (MKS) yang akan membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi,” kata Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Syarifah Azizah, Lc.

Lebih lanjut Ustazah Azizah, begitu penyuluh ini biasa disapa jamaahnya, ketika ditemui di Kemenag Kota Pontianak, Rabu (10/6/2015) menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu dirinya diminta Direktur Radio Mujahidin Pontianak untuk menjadi salah satu narasumber atau pengasuh program tersebut.

MKS hadir untuk membantu masyarakat yang mungkin malu dan sungkan untuk bertanya kepada ustadz dan ustadzah secara langsung. Baik di majelis taklim maupun di majelis ilmu lainnya. Bentuk acaranya tidak disiarkan secara onair (langsung) di radio. Tapi hanya via SMS saja.” jelas Alumnus Universitas Al-Azhar, Cairo Mesir ini ramah.

Tekhnisnya, dari masyarakat mengirm pertanyaan kepada operator MKS yang khusus menangani program tersebut. Kemudian pertanyaan diteruskan kepada para ustadz dan ustadzah sesuai dengan bidang keilmuwannya. Selanjutnya para Ustadz atau ustadzah mengirim jawaban kepada operator, langsung diteruskan kepada penanya, jelas Penyuluh yang memiliki wilayah binaan di Kecamatan Pontianak Tenggara ini.

“Mungkin kalau mereka datang dan bertanya di Majelis Taklim, mereka malu aibnya diketahui banyak orang. Tapi dengan MKS yang bersangkutan tidak perlu khawatir. Karena rahasia mereka tetap terjaga. Bahkan para pengasuh acaranya saja tidak tahu siapa pengirim pertanyaan tersebut,” tambahnya.

Azizah juga mengatakan, MKS membuka pertanyaan seputar Akidah, Fiqih, Muamalah dan Syariah. Bagi masyarakat umum yang memiliki permasalahan atau pertanyaan seputar hal tersebut dapat mengirim pertanyaan melalui sms dengan format: Ketik Nama (spasi) Umur (spasi) Pertanyaan. Kemudian kirim ke Nomor : 0812 5017 8525. “Insya Allah, dalam waktu 1 × 24 jam sudah dapat notifikasi balasan dari para ustadz dan ustadzah yang mengasuh acara tersebut.

Program ini dilaunching dan dibuka secara resmi pertama kali untuk umum sejak 1 Juni 2015,” papar Penyuluh Kemenag yang juga dipercaya mengasuh Program Kajian Muslimah Mar’ah Shalihah yang disiarkan di Radio Mujahidin setiap Rabu pukul 13.00-15.00 WIB.

Menurut Azizah, dalam satu hari bisa masuk empat pertanyaan. Kemudian dijawab para pengasuh program tersebut via SMS dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas. Jika jawaban yang diberikan belum memuaskan, biasanya yang bersangkutan akan bertanya lagi via SMS

“Banyak pertanyaan yang masuk lumayan ekstrim. Intinya mereka ingin bertaubat karena pernah melakukan perbuatan tercela. Seperti pernah mencuri, berzinah, bahkan membunuh. Na’uzubillah,” cerita Azizah terharu sembari menghimbau kepada masyarakat yang ingin bertanya, bisa mengirim pertanyaan ke Nomor HP tersebut.

Adapun para ustadz dan ustadzah yang dipercaya mengasuh program baru persembahan Radio Mujahidin 105,8 FM Pontianak ini antara lain, Syarifah Azizah, Lc (Bidang Kajian Mar’ah Shalihah), Nashrullah, Lc (Bidang Hadits), Didi Hariri, Lc (Bidang Umum), Arif Hartono, S.Ag (Persoalan Keluarga/Rumah Tangga), dan Dr. H. Harjani Hifni, Lc (Membidangi Manajemen Qalbu).*(Sumi/Ptk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar