Sabtu, 20 Juni 2015

Pesantren Ala Facebook SMA Muhammadiyah 1 Pontianak

Rabu, 17 Juni 2015, 09:40 – http://kalbar.kemenag.go.id
Pesantren Ala Facebook SMA Muhammadiyah 1 Pontianak

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 Hijriyah, SMA Muhammadiyah 1 (SMAM 1) Pontianak mengagendakan berbagai kegiatan untuk seluruh siswanya. Salah satu program Ramadhan yang akan digelar adalah Pesantren Ala Facebook.

Program tersebut mengajak seluruh siswa SMA yang beralamat di Jalan Parit H. Husin II Pontianak ini untuk mengisi facebooknya dengan syiar dakwah selama bulan Ramadhan. Materi yang disampaikan bebas. Intinya mengajak teman sebaya berbuat yang baik dan mencegah yang mungkar.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMAM 1 Pontianak, Hayatunupus S.Ag, M.Pd yang menjadi penggagas Pesantren Ala Facebook, ditemui di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak, Selasa (16/6/2015) menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk syiar ramadhan.
Selain itu, agar siswa/siswi bisa menggunakan tekhnologi dengan positif. 

 “Sosial media seperti facebook sering disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Tidak jarang kita mendengar banyak hal negatif terjadi melalui facebook. Tapi itu tergantung kita yang menggunakannya. Mau digunakan untuk hal yang positif atau sebaliknya,” sampai Guru PNS Kemenag Kota Pontianak ini ramah. 

Lebih lanjut Hayatunupus menjelaskan bahwa program tersebut adalah salah satu bentuk dakwah melalui tutor sebaya. Ini juga menjadi salah satu jalan menciptakan generasi muda yang siap mendalami Al-Quran dan Hadits dan selalu menegakkan yang ma’ruf sejak dini.

“Akan ada penilaian untuk siswa yang banyak bersyiar, dan syiarnya sangat baik dalam materinya akan diberikan bonus. Seluruh siswa sudah dihimbau untuk mengikuti program tersebut,” tutur Hayatunupus sembari menyampaikan jumlah siswa di SMAM 1 Pontianak sebanyak 700 siswa.

Selain program Pesantren Ala Facebook, beberapa kegiatan lain yang juga digelar dalam rangka mensyiarkan dan mengisi Bulan Ramadhan antara lain Bakti Sosial dan Anjangsana, Ta’ruf Ramadhan, Pawai Ta’ruf dan Aksi Ramadhan, Seminar Sehari membedah kitab Albarzanji, Bedah Rumah Kaum Dhuafa, Pesantren Ramadhan dan Buka Puasa bersama kaum dhuafa.

Mengawali kegiatan Syiar Ramadhan tahun 1436 Hijriyah, seluruh siswa dan dewan guru SMAM 1 Pontianak mengadakan kegiatan Ta’aruf Ramadhan dan Bakti Sosial ke 14 masjid di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Serta melakukan bedah rumah untuk dua rumah kaum dhu’afa.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar