Kamis, 11 Desember 2014

KESIBUKAN AKHIR TAHUN SEKSI PAI KEMENAG PONTIANAK

Sabtu, 6 Desember 2014, 23:54 – www.kalbar.kemenag.go.id



Tidak terasa tahun 2014 sebentar lagi akan meninggalkan kita. Menjelang akhir tahun biasanya hampir semua bagian atau seksi di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak menjadi super sibuk. Terutama yang berkaitan dengan pencairan anggaran. Mengingat sebelum akhir tahun semua anggaran yang ada harus segera direalisasikan, maka harus berpacu dengan waktu yang tersisa. Dan tentunya harus sesuai aturan yang ada.

Seperti kesibukan yang terlihat di Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemenag Kota Pontianak, Jumat (5/12/2014). Semua staf/pelaksana saling bahu membahu serta bekerjasama menyelesaikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab. 

Salah satu Pelaksana Seksi PAI, Shalahuddin Marta Yusra, S.HI ketika dimintai tanggapannya terkait kesibukan akhir tahun di Seksinya mengatakan bahwa hal tersebut sudah biasa. Karena kalau akhir tahun, semua pekerjaan harus bisa diselesaikan tepat waktu.

“Kalau akhir tahun, semua pekerjaan yang berkaitan dengan pencairan anggaran harus segera direalisasikan. Karena semua pekerjaan kejar tayang alias dikejar dateline. Makanya kita menjadi super sibuk,” kata Udin, begitu ia biasa disapa.

Lebih lanjut Udin menyampaikan, pekerjaan yang paling menguras waktu dan energi adalah yang berkaitan dengan pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) PAI PNS. Dimulai dari pemberkasan sejak awal Nopember yang lalu. Semua berkas yang diterima harus diperiksa dengan teliti satu persatu. 

 “Setelah penerimaan berkas, kita harus menghitung tunjangan yang akan dibayar kepada setiap guru, dengan mengecek daftar gaji serta kenaikan gaji berkalanya. Serta rekening yang digunakan,” jelas Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Pontianak ini.

Pekerjaan berikutnya adalah mengusulkan daftar pembayaran TPG ke bagian keuangan untuk dibuatkan SPM. Kemudian harus memvalidasi Lampiran SPM ke Bank untuk mengecek apakah rekening tersebut masih aktif, dan seterusnya sampai akhirnya baru di bawa ke KPPN

“Kalau pas divalidasi semua rekening aktif, syukur alhamdulillah. Tapi kali ini, ada beberapa rekening yang tidak aktif. Sehingga pekerjaan menjadi bertambah. Karena harus merubah lagi dan harus dibawa ke Bank lagi untuk divalidasi ulang,” bebernya.

Untuk periode Oktober sampai Desember 2014, Seksi PAI akan melakukan pembayaran tunjangan sertifikasi kepada 352 orang Guru PAI. Termasuk juga enam Pengawas PAI Kemenag Kota Pontianak.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar