Sabtu, 29 November 2014

KONSEKUENSI GURU PENERIMA BEASISWA, TUNJANGAN SERTIFIKASI DIHENTIKAN

Jumat, 21 November 2014, 15:11 – www.kalbar.kemenag.go.id



Beberapa Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Pontianak yang awalnya berniat untuk mengikuti Seleksi Beasiswa S2 di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, akhirnya mengundurkan diri. Kabarnya bagi penerima beasiswa, otomatis tunjangan sertifikasinya dihentikan selama yang bersangkutan mengikuti perkuliahan. 

Kepastian dihentikannya tunjangan sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) bagi penerima beasiswa disampaikan salah satu Guru PAI Kota Pontianak, Drs. Nurul Muhson. Beliau mengatakan sudah berkonsultasi dan bertanya langsung dengan teman-temannya di Kemenag pusat. 

“Saya sudah bertanya langsung dengan teman-teman di Kemenag Pusat tentang penerima beasiswa S2. Memang benar kalau guru penerima beasiswa tunjangan sertifikasinya dihentikan sementara waktu. Sampai yang bersangkutan bisa menunjukkan bukti ijazah S2-nya,” kata Nurul Muhson ketika bertandang di Seksi PAI Kemenag Kota Pontianak, Kamis (20/11/2014). 

Guru PAI SMP Negeri 1 Pontianak ini pun masih mempertimbangkan apakah akan mengikuti seleksi beasiswa di IAIN Pontianak ataukah mengubur impiannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

“Jujur saja, sebenarnya saya sangat berminat melanjutkan S2. Tapi, tentu saya harus komunikasikan dulu dengan keluarga,” katanya bijak. 

Sementara Guru PAI SMK Negeri 8 Pontianak, Nurmi, S.Pd.I sudah memantapkan hati untuk mengikuti seleksi beasiswa S2. Karena dia sudah mendapat izin dari suaminya juga dari kepala sekolahnya untuk mengikuti program tersebut.

“Insya Allah saya siap dengan segala konsekuensinya. Kan Cuma dua tahun tunjangan sertifikasinya dihentikan. Setelah itu akan dibayar seperti biasa,” kata Nurmi dengan mantap saat mengambil rekomendasi yang diberikan Kemenag untuk mendaftar di IAIN Pontianak. 

Alumnus Jurusan PAI, STAIN (sekarang, IAIN) Pontianak ini pun bertekad akan tetap melanjutkan S2-nya dengan biaya pribadi, seandainya tidak lulus seleksi. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Program IAIN Pontianak memberikan kesempatan kepada Guru PAI dan Pengawas di lingkungan Kemenag Kota Pontianak untuk mengikuti Seleksi Calon Peserta Beasiswa Kualifikasi S2. 

Waktu pendaftaran calon peserta dimulai tanggal 17-21 Nopember 2014. Sementara seleksi/tes dilakukan pada 24 Nopember 2014 di Pascasarjana IAIN Pontianak. Sedangkan pengumuman kelulusan pada tanggal 25 Nopember 2014. Pendaftaran bisa dilakukan langsung di Gedung Pascasarjana IAIN Pontianak pada hari kerja atau melalui email: tifabest@yahoo.com.

Adapun persyaratan calon peserta antara lain adalah Guru/Pengawas PAI pada sekolah (TK/PAUD/SD/SMP/SMA/SMK); Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS); Memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun; Serta berusia maksimal 48 tahun. 

Program beasiswa ini merupakan Program Bantuan Beasiswa S2 GPAI/Pengawas (Baru) tahun 2014 dari Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI. Sementara IAIN Pontianak sebagai penyelenggara program tersebut.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar