Selasa, 08 Desember 2015

Peer Teaching Peserta Bimtek K.13 GPAI Kota Pontianak

Jumat, 20 November 2015, 10:20 – http:/kalbar.kemenag.go.id



Setelah mengikuti pre test dan mendapatkan sejumlah materi dari Narasumber, seluruh peserta Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 (Bimtek K.13) Guru PAI Kota Pontianak juga diminta untuk membuat tugas sekaligus praktek mengajar (Peer Teaching). Hal tersebut sudah menjadi standar pelaksanaan Bimtek K.13 secara nasional.

Dari serangkaian kegiatan Bimtek K.13 Kota Pontianak yang diikuti sebanyak 40 peserta, Peer Teaching menjadi hal yang paling menarik dan lucu. Pasalnya seluruh peserta memainkan perannya masing-masing. Satu orang menjadi guru, satu orang menjadi pengamat, sementara yang lainnya menjadi siswa.

Oleh Narasumber Dra Syariah SPd, peserta dibagi menjadi 8 Kelompok. Enam Kelompok SD dari kelas I sampai kelas VI (masing-masing beranggotakan 6 orang peserta), satu Kelompok SMP dan Satu Kelompok SMA (masing-masing beranggotakan 2 orang peserta).

Karena mayoritas peserta Bimtek adalah Guru PAI SD Kota Pontianak, sehingga pada saat Peer Teaching, seluruh peserta diminta menjadi siswa SD dengan tingkah polah layaknya siswa SD. Berbagai kejadian lucu kerap menjadi bahan tertawa seluruh peserta dan Dra Syariah SPd yang bertindak selaku instruktur dalam praktek mengajar tersebut.

Ada yang bermain, ada yang sibuk ngobrol, dan berbagai polah tingkah anak SD mewarnai suasana Peer Teaching. Seorang guru yang baik, dituntut untuk mampu menguasai kelas yang sedang mereka ajar. Dengan berbagai tingkah polah siswa tersebut, seharusnya guru mampu mengalihkan perhatian siswa untuk fokus dan aktif mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.

Meskipun suasana malam hari, Rabu (18/11/2015) seluruh peserta begitu bersemangat mengikuti kegiatan Peer Teaching. Tanpa terasa jam sudah menunjukkan pukul 21.45 WIB. Sehingga praktek mengajar dihentikan. Dan dilanjutkan kembali pada pagi Kamis (19/11/2015).

Bimtek yang berlangsung dari tanggal 16-19 Nopember 2015, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pontianak tersebut dibuka langsung Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak Drs H Ja’far A, MSi. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.45 – 21.45 WIB. Dengan total jam pelajaran 36 JPL.*(Sumi/Ptk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar